Pink Bobblehead Bunny

Friday, February 28, 2020

KULINER SEMARANG


══════════════════════════✰°
KULINER KHAS SEMARANG
°✰══════════════════════════╛


1. Nasi Ayam Semarang



Makanan khas Semarang yang paling enak dan bikin nagih yang pertama ialah nasi ayam Semarang. Makanan yang satu ini berisikan nasi liwet plus telur rebus plus suwiran ayam yang disiram menggunakan kuah opor dan tambahan sambal goreng jipan, dijamin rasanya akan membuat Anda ketagihan ingin mencobanya lagi dan lagi.

Sekilas, nasi ayam Semarang memang menyerupai nasi liwet Solo, namun nasi ayam Semarang disajikan menggunakan sate telur puyuh, usus dan teh hangat sebagai menu pelengkapnya. Pastikan Anda telah mencicipi menu dengan kuah opor kuning khas Semarang yang satu saat berkesempatan mengunjungi kota Semarang.

2. Bandeng Presto

Bendeng presto juga menjadi salah satu kuliner terbaik khas Semarang yang layak Anda cicipi saat mengunjungi Semarang. Banden presto terbuat dari olahan ikan bandeng yang dimasak dengan cara presto gula melunakkan dan menghilangkan duri ikan bandeng yang terlampau banyak.

Presto merupakan sebuah teknik memasak dengan menggunakan tekanan uap air yang tinggi, dan biasanya panci akan dikunci rapat agar airnya tidak meluap. Selain itu, tambahan daun pisang juga dibutuhkan untuk memasak dengan cara presto di bagian bawahnya. Namun, ingat jangan lupa bumbu yang harus di baluri pada ikan bandeng sebelum
memasaknya.

3. Garang Asem


Garang asem merupakan salah satu kuliner tradisional di kota Semarang yang berisi ayam plus kuah santan yang dimasak hingga menguarkan aroma memikat yang mustahil di abaikan.  Garang asem merupakan makanan berbumbu belimbing wuluh yang dimasak dalam bungkus daun pisang dan ditutup menggunakan lidi.


4. Mie Kopyok

Image result for mi kopyok
Mie kopyok merupakan salah satu makanan terenak di Semarang. Mie kopyok sendiri di buat dengan bahan utama mie yang ditambahkan tetelan daging dan beberapa lauk lainnya. Satu yang membuat mie kopyok berbeda ialah tambahan keupuk gendar, yakni sejenis kerupuk yang dibuat dari adonan nasi yang sangat gurih dan renyah.

Sebagian masyarakat juga mengenai mie kopyok dengan nama mie teng-teng dan mie lontong. Disebut mie teng-teng karena para penjual sering mendagangkan mie kopyok dengan cara membunyikan suara teng-teng. Sedangkan dikatakan mie lontong, karena juga bisa ditambah irisan lontong di dalam mie kopyok.

5. Lumpia Semarang


Lumpia memang telah terkenal sebagai salah satu kuliner khas Semarang yang wajib dicicipi saat Anda berkesempatan mengunjungi kota Semarang. Dalam Bahasa Inggris, lumpia dikenal dengan nama spring roll karena bentuknya yang dibuat bundar. Lumpia terbuat dari adonan tepung yang diberikan isian yang dan digulung untuk dicelupkan ke dalam minyak panas.

Selain itu, untuk isiannya lumpia juga sangat bervariasi, mulai dari daging ayam, telur orak-arik, bawang putih, potongan sayuran, ebi, hingga rebung. Perpaduan semua rasa ini akan membuat cita rasa lumpia Semarang semakin nikmat saja. Pastikan Anda bisa mencicipi menu yang satu ini saat berkunjung ke Semarang.

6. Tahu Pong
Image result for tahu pong
Tahu pong memiliki bentuk bulat dengan isian kopong yang telah populer beberapa waktu lalu. Prose penyajian tahu pong juga biasanya akan ditambahkan gimbal udang plus cabe rawit sehingga semakin lezat saat dinikmati. Rasanya yang gurih dan empuk membuat kuliner tahu pong layak dicicipi oleh para pemburu kuliner atau makanan khas Semarang.
B. L. S. H
9J/09 

No comments:

Post a Comment

Contoh Pola dalam Kehidupan Sehari-Hari

  MATEMATIKA 1.                     POLA BILANGAN KERANG Pola pada kulit sejenis moluska yang bernama Chambered Nautilus: (1, 1, 2, 3, 5...